4 Mar 2019

Tumbuhan Saliara Punya Banyak Manfaat

dok. tngciremai.com


CIREBON (pendakiceria.com) -- Tumbuhan Saliara (Lantana camara) memiliki banyak sebutan di setiap daerah seperti kembang satek di daerah Jawa Barat, tembelekan di daerah Jawa Tengah atau juga tamanjho di Pulau Madura.

Uniknya, tumbuhan ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan loh. Akarnya berkhasiat untuk pereda demam, penawar racun dan penghilang nyeri. Sementara daunnya berkhasiat untuk mengobati gatal-gatal dan mengempiskan bengkak. Sedangkan bunganya berkhasiat untuk penghenti pendarahan.

Seperti dikutip dari laman Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) tngciremai.com, baru-baru ini dijelaskan bahwa tumbuhan ini adalah jenis tumbuhan berbunga dari ‘famili Verbenaceae’. Tumbuhan ini bisa dijumpai dari dataran rendah sampai ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut (mdpl). Memiliki habitat tempat terbuka yang terkena sinar matahari atau yang agak ternaung.

Saliara merupakan tumbuhan perdu yang tumbuh tegak atau agak memanjat. Memiliki batang yang berkayu, bercabang banyak, ranting berbentuk segi empat, berduri dan berambut. Daunnya tunggal, duduk berhadapan. Berbentuk bulat telur, ujungnya meruncing, pinggirnya bergerigi dan memiliki tulang daun yang menyirip.

Permukaan bagian atas daun berambut banyak dan terasa kasar. Sedangkan permukaan bagian bawah daun berambut jarang. Bunganya berwarna putih, merah muda dan jingga. Buahnya seperti buah buni yang berwarna hitam mengkilap apabila sudah matang. (PC-21)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Our Member

Advertisement