10 Mar 2019

Trik Memotret Pakai Ponsel

Ilustrasi memotret menggunakan ponsel (dok. pendakiceria.com/Tugik)

JAKARTA (pendakiceria.com) -- Mengabadikan momen ketika mengunjungi destinasi wisata tidak melulu harus menggunakan kamera DSLR. Di jaman sekarang ini berbagai produsen smartphone menyematkan berbagai kecanggihan dalam hal fotografi di produk ponselnya.

Untuk itu, kalian harus memaksimalkan smartphone itu untuk mengabadikan momen-momen penting dalam perjalanan. Berikut ini beberapa tips memotret menggunakan kamera ponsel seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Perhatikan faktor cahaya saat akan memotret.

Cahaya menjadi hal utama dan berpengaruh untuk hasil jepretan kalian. Pastikan bahwa sebelum memotret, kalian mendapati pencahayaan yang cukup. Hal ini dikarenakan keterbatasan sensor kamera pada ponsel yang ukurannya lebih kecil ketimbang kamera DSLR.

2. Pilih objek yang akan difoto.

Perbanyak melihat referensi atau hasil karya fotografer lain, sering-sering pantau media sosial mereka lalu pelajari objek yang biasa mereka potret. Pemilihan objek yang tepat akan menjadi nilai tambah dari hasil jepretan kalian.

3. Foto objek yang diam.

Kamera smartphone memiliki kekurangan dalam hal menangkap objek yang bergerak, oleh karena itu ada baiknya melakukan pemotretan dengan objek yang diam.

4. Ponsel harus stabil.

Usahakan tangan kalian tidak bergetar saat mengambil momen, pasalnya ketika tangan bergetar akan membuat hasil foto menjadi blur. Jadi latih tangan kalian agar bisa menggenggam ponsel dengan stabil, atau jika kesulitan kalian bisa menggunakan tripod yang khusus untuk smartphone.

5. Jangan Gunakan Zoom.

Menggunakan zoom pada kamera akan membuat hasil foto menjadi buruk dan mengurangi resolusi gambar. Sebaiknya kalian mendekatkan diri kepada objek, atau cari posisi yang tepat saat akan memotret lansekap.

6. Perhatikan sudut pemotretan.

Ada ungkapan yang menyatakan bahwa ‘Angle is everything’, karena sudut pemotretan itu sangat berpengaruh terhadap hasil foto. Demikian juga saat memotret dengan kamera ponsel. Perhatikan angle yang kalian pilih, setidaknya kalian sudah bisa membayangkan hasil fotonya nanti seperti apa.

7. Bersihkan lensa ponsel.

Membersihkan lensa ponsel kalian dari minyak, kotoran atau debu. Biasakan untuk membersihkan lensa sebelum memotret, gunakan kain halus semacam pembersih kacamata untuk membersihkan dari kotoran atau sidik jari yang menempel. Sehingga gambar yang kalian ambil akan fokus dan sempurna.

8. Buat foto bercerita.

Ini adalah salah satu trik supaya foto kalian lebih menarik dan berkesan. Di mana ketika seseorang melihat foto yang kalian hasilkan bisa mengerti makna dibalik foto itu. (PC-20)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Our Member

Advertisement