9 Mar 2019

Simak, Ini Manfaat Mendaki Gunung

Ilustrasi (dok. pendakiceria.com/Dodo)

JAKARTA (pendakiceria.com) -- Melakukan pendakian gunung atau berpetualang pada dasarnya akan mengubah diri kita. Saat berpetualang, kita akan bertemu dengan situasi dan kondisi yang baru, orang-orang baru, dan yang jelas pengetahuan dan cerita baru.

Dari petualangan tersebut kalian akan merasakan manfaat-manfaat yang bisa diambil dari mendaki gunung. Berikut ini beberapa manfaat dari mendaki gunung seperti dikutip dari laman cozmeed.com.

1. Lebih Mengenal Diri Sendiri

Saat berpetualang, kita akan banyak bertemu dengan hal baru. Pada tahap ini, kita mulai dapat mengenali karakter diri kita sendiri. Tentang apa yang kita suka dan apa yang kita takutkan. Terlebih lagi jika kita melakukan solo traveling, kitalah satu-satunya orang yang memutuskan segala sesuatunya di perjalanan, sehingga kadang alam akan intens membuat kita berdialog dengan diri sendiri.

2. Membentuk Mental dan Pikiran yang Kuat dan Sehat

Mendaki juga sangat bermanfaat bagi pembentukan karakter, mental dan pikiran yang kuat serta tegas. Dalam mendaki dibutuhkan keahlian dalam hal pengelolaan insting, manajemen pendakian, dan juga pengelolaan emosi yang baik. Dengan seringnya melakukan kegiatan mendaki, maka pengelolaan insting dan emosi akan terasah dengan baik, dan akan berpengaruh pada mental dan pikiran yang sehat serta kuat.

Dalam pendakian kita akan dihadapkan pada alam dan cuaca yang berubah-ubah, juga keadaan serba apa adanya yang secara tidak langsung membuat mental menjadi lebih kuat. Kita juga dihadapkan dengan berbagai karakter yang akan tampak asli saat di gunung dalam keadaan serba jauh dari apapun, emosi pun ikut pula diuji.

3. Membuka Wawasan Baru Dengan Dunia Luar

Dengan melakukan perjalanan ke tempat baru, sudah pasti kalian akan menemui hal-hal yang baru. dengan keluar dari zona nyaman tentu akan menambah wawasan yang kalian miliki.

4. Manajemen Keuangan

Berpetualang memang membutuhkan biaya. Pada umumnya, kita akan mengatur sendiri bagaimana alur keuangan kita saat di perjalanan nanti. Menyisihkan sebagian gaji untuk perjalanan juga termasuk contoh dari manajemen keuangan. Melalui hal-hal seperti ini, kita justru bisa belajar agar lebih bijak dalam mengatur keuangan.

5. Kemampuan Beradaptasi

Beradaptasi dengan lingkungan sekitar adalah suatu keharusan yang harus semakin diasah. Saat berada di tempat yang asing, mau tidak mau kita akan melakukan adaptasi dengan lingkungan.

6. Menambah Ilmu Pengetahuan

Dengan mendaki, kalian akan belajar mengenal alam dan navigasi darat. Melalui tanda-tanda alam yang muncul seperti, arah angin, arah matahari, jejak binatang, dan masih banyak yang lain. Dengan ini, maka ilmu pengetahuan yang kalian miliki akan semakin bertambah dan dapat kalian aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

7. Menyehatkan Tubuh

Mendaki gunung adalah sebuah kegiatan yang melibatkan semua indera dan seluruh anggota tubuh. Pada dasarnya, pendakian yang dilakukan dengan teratur akan menjaga kesehatan tubuh. Bahkan menurut penilitian mendaki gunung dapat membuat jantung dan paru-paru semakin kuat, membuat tulang kuat dan terhindar dari osteoporosis, terhindar dari risiko diabetes, dan penyakit-penyakit lainnya.

8. Belajar Hidup Mandiri

Dengan mendaki, itu berarti kita hanya akan mengandalkan, gear, perbekalan, insting dan juga kondisi alam sekitar kita untuk bertahan hidup, terutama ketika mendaki daerah-daerah yang cukup ekstrim. Jadi manfaat mendaki gunung dapat mengajarkan kita untuk belajar hidup mandiri dan bertahan tanpa bantuan teknologi canggih atau kekinian.

9. Menambah Teman

Mendaki gunung biasanya dilakukan tidak sendirian, melainkan dalam tim atau juga rombongan. Bahkan saat melakukan solo traveling pun kita akan bertemu dengan pendaki lain ketika sedang beristirahat. Hal ini lah yang akan membantu dalam menambah relasi, interaksi, dengan orang baru ketika mendaki. Berkenalan, bersahabat, dan lainnya atau bahkan nantinya bisa berjodoh.

10. Mengurangi Stress

Pemandangan hijau yang ada pada dedaunan mampu menjaga kesehatan mata, menghilangkan stres dan membuat pikiran menjadi tenang. Mengapa? Karena dedaunan berwarna hijau banyak mengandung klorofil dan aroma sehat sehingga mampu membuat syaraf kita menjadi tenang, sekaligus menyehatkan indera penglihatan.

11. Rasa Syukur Kepada Sang Pencipta

Dengan melakukan petualangan, artinya kita juga sedang menikmati mahakarya Tuhan di bumi ini. Keindahan alam, keberagaman, rasa senang, dan sebagainya akan timbul dari dalam diri. Mengambil manfaat dari sebuah perjalanan ternyata mampu membaut kita semakin dekat dengan Pencipta. (PC-18)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Our Member

Advertisement