11 Mar 2019

Kerja Bakti Aksi Bersih TNGGP Kumpulkan Sampah Mencapai 396 Kilogram

dok. TNGGP


CIANJUR (pendakiceria.com) -- Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP) berhasil mengumpulkan sampah mencapai 396 kilogram pada acara kerja bakti aksi bersih bersama dalam rangkaian acara puncak Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019 yang digelar di sekitar kantor BBTGGP, Bumi Perkemahan Mandalawangi-Resort PTN Mandalawangi, Resort PTN Cibodas, serta lingkungan sekitar Cibodas.

Adapun sampah paling banyak berasal dari Bumi Perkemahan Mandalawangi – Resort PTN Mandalawangi seberat 224 Kilogram, sekitar kantor Balai Cibodas seberat 137 Kilogram, dan dari Resort PTN Cibodas seberat 35 kilogram.

Pemungutan sampah pun dipilah antara sampah organik dan anorganik dengan hasil 40 kilogram sampah organik dan 356 kilogram sampah anorganik. Sampah organik ini untuk selanjutnya diolah menjadi pupuk organik dengan sistem lubang berpindah dan sampah anorganiknya dikumpulkan untuk diolah lebih lanjut di Tempat Pengelolaan Sampah (TPS) Cilaku Cianjur.

Selain kerja bakti aksi bersih, kegiatan yang mengusung tema 'Gerakan Indonesia Bersih' dan sub tema 'Kelola Sampah, Hidup Bersih, Sehat, dan Bernilai' ini juga dilakukan kegiatan Apel Aksi Bersih BBTNGGP, penandatangan Deklarasi Bersih Sampah BBTNGGP bersama mitra dan masyarakat, dan pembagian bibit tanaman. (PC-10)

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Our Member

Advertisement