24 Feb 2019

Sensasi Jalur Naga di Gunung Muria

dok. Instagram (@ynnednawari)


KUDUS (pendakiceria.com) -- Gunung Muria yang terletak di Kudus, Jawa Tengah memiliki ketinggian 1.602 meter di atas permukaan laut (mdpl). Kendati memiliki ketinggian yang tidak begitu tinggi seperti gunung-gunung lainnya namun gunung ini memiliki jalur yang terbilang sensasional yaitu Dragon Track atau Jalur Naga.

Jalur Naga merupakan salah satu jalur terakhir untuk menuju Puncak Natasangin. Jalur dengan kanan-kiri jurang ini menawarkan sensasi luar biasa bagi penikmat ketinggian. Kalau cuaca lagi cerah, jalur ini disebut memiliki kemiripan dengan Gunung Raung di Banyuwangi, Jawa Timur.

Setelah melewati dragon track ini, sekira 15-20 menit baru akan sampai puncak Gunung Muria. Puncak Natasangin secara geografis kedalam Pegunungan Muria yang mencangkup wilayah Kabupaten Kudus, Kabupaten Jepara, serta Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Adapun jalur yang paling direkomendasikan untuk mendaki Puncak Natasangin sendiri adalah jalur via Desa Rahtawu, Gebog, Kudus. Dari pusat kota sekira satu jam dengan menggunakan kendaraan atau lima jam jika berjalan kaki.

Setelah tiba di basecamp kalian bisa menitipkan kendaraan kalian dengan tarif Rp5000 per hari. Untuk mencapai puncaknya sendiri dibutuhkan waktu sekira 4-5 jam pendakian. Di sepanjang jalur ini juga terdapat Pertapaan Eyang Abiyoso dimana beberapa pendaki memanfaatkan bangunan disekitar makam untuk beristirahat.

Sebagai catatan, sikap sopan serta menghormati lingkungan di sekitar harus diperhatikan betul disini dan jangan lupa untuk membawa kembali turun sampah yang dibawa. (PC-22)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Our Member

Advertisement