23 Feb 2019

Wow! Sampah Pengunjung di Coban Trisula Capai 600 Kilogram

Sampah yang dikumpulkan oleh Resort PTN Coban Trisula (dok. bromotenggersemeru.org)

MALANG (pendakiceria.com) -- Resort PTN Coban Trisula Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) berhasil mengumpulkan sampah dari pengunjung seberat kurang lebih 600 kilogram. Pengumpulan sampah tersebut dilakukan pada minggu ke-2 bulan Februari 2019 dalam kegiatan rutin yang digelar setiap Senin dan Jumat.

Dari pengumpulan sampah tersebut, pihak Resort PTN Coban Trisula kemudian mengirimnya ke Tempat Pengolahan Sampah Poncokusumo. Kepala Resort PTN Coban Trisula Bambang Rudi, menyayangkan perilaku pengunjung yang masih membuang sampah di TNBTS.

"Harapan kami pengunjung yang datang berwisata ke Gunung Bromo membawa kembali sampah apapun yang dibawa, baik sampah makanan maupun minuman. TNBTS merupakan kawasan konservasi sehingga jika menjadi tempat sampah akan mengancam habitat satwa dilindung yang berada di TNBTS seperti macan tutul dan elang jawa," ungkapnya di Coban Trisula, Jawa Timur, baru-baru ini.

Dia pun berharap pengunjung yang berwisata di TNBTS untuk membawa kembali sampah yang dibawanya. “Sampah tersebut dikhawatirkan akan menyebarkan penyakit bagi satwa-satwa yang dilindungi di TNBTS,” ucapnya.

"Petugas akan semakin kewalahan menjaga kawasan dari ancaman kerusakan jika semakin disibukan dengan pengelolaan sampah yang semakin menggunung. TNBTS bukan tempat sampah tetapi kawasan konservasi bagi tumbuhan dan satwa dilindungi seperti macan tutul, elang jawa, lutung, pinang jawa, edelweiss dan lain-lain," tutur dia. (PC-21)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Our Member

Advertisement