25 Feb 2019

Catatan Perjalanan Gunung Penanggungan via Jolotundo

dok. Instagram/@haidar.zamzam


MOJOKERTO (pendakiceria.com) -- Gunung Penanggungan yang terletak di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Mojokerto (sisi barat) dan Kabupaten Pasuruan (sisi timur), Jawa Timur ini memiliki ketinggian 1.653 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Ada banyak jalur pendakian yang umum digunakan untuk menuju ke gunung ini diantaranya jalur Wonosunyo di Kecamatan Gempol, jalur Jolotundo yang ada di Kecamatan Ngoro dan jalur Tamiajeng di Kecamatan Trawas.

Kali ini pendakiceria.com akan mengulas mengenai jalur pendakian via Jolotundo yang diulas oleh salah satu akun Instagram, @haidar.zamzam, baru-baru ini.



Adapun pos awal pendakian jalur ini berada di Candi Jolotundo, Trawas dimana di lokasi ini merupakan tempat melakukan registrasi pendakian. Selain itu, di pos ini kalian juga bisa melakukan pemeriksaan barang bawaan, maupun mengisi ulang air.

Dari pos perizinan ini, kalian akan melakukan perjalanan ke Candi Bayi yang ditempuh sekira 1,5 jam perjalanan. Kemudian dilanjutkan ke Candi Putri sekira 1 jam perjalanan. Dilanjut menuju ke Candi Pura selama 20 menit.

Setelah itu, sekira 10 menit perjalanan, kalian akan sampai ke Candi Gentong dan Candi Shinta sekira 5 menit perjalanan. Perjalanan terakhir adalah menuju ke lapangan yang bisa ditempuh dengan waktu 1,5-2 jam perjalanan.



Menariknya, dalam perjalanan ini kalian akan menemui kontur jalan yang terbilang susah, pasalnya kalian akan menemui jalur bebatuan dan tanah gembur yang diharuskan berhati-hati ketika berjalan agar tidak terpeleset atau jatuh. Dari lapangan ini, kalian bisa menuju puncak untuk menikmati pemandangan yang luar biasa. (PC-10)

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Our Member

Advertisement