24 Feb 2019

Catatan Perjalanan Gunung Arjuno

Instagram (@gandhanganom16)

MALANG (pendakiceria.com) -- Gunung Arjuno merupakan salah satu gunung yang terletak di Provinsi Jawa Timur, tepatnya berada di perbatasan antara Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang dan Kota Batu, masuk dalam kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo, dan bersebelahan dengan gunung Welirang.

Karena letaknya bersebelahan maka banyak orang menyebutnya Gunung Arjuno Welirang. Untuk bisa mendaki ke gunung ini tersedia 4 jalur pendakian, yaitu jalur Tretes, jalur Lawang, jalur Purwosari dan Jalur Batu.

Adapun jalur Tretes merupakan jalur favorit para pendaki gunung dan mounture.com akan mengulas mengenai estimasi dan biaya mendaki gunung yang memiliki ketinggian 3.339 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu.

Untuk transportasi, bagi kalian yang dari Jakarta bisa menggunakan kereta jurusan Jakarta-Surabaya (pp) dengan estimasi biaya Rp330 ribu per orang. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan travel Surabaya-Tretes (pp) dengan biaya Rp800 ribu per mobil.

Untuk biaya masuk ke kawasan Tahura Raden Soerjo dikenakan biaya Rp40 ribu per orang. Sementara untuk biaya logistik disesuaikan dengan kebutuhan tim ataupun kalian sendiri ya guys.

Sedangkan untuk estimasi waktu perjalanan mendaki ke gunung Arjuno Welirang adalah sebagai berikut:

Basecamp Tretes – Pondokan: 8 jam
Pondokan – Puncak Arjuno: 4 jam
Pondokan – Puncak Welirang: 2 jam
Pondokan – Basecamp Tretes: 3 jam

Catatan, bahwa estimasi biaya suatu waktu bisa berubah dan untuk waktu mendaki pun tergantung dengan individu masing-masing. (PC-12)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Our Member

Advertisement