12 Apr 2018

Ini Alasan Pendakian Gunung Merapi Dibatasi Sampai Pasar Bubrah

dok. Instagram

(pendakiceria.com) — Menanggapi banyak pertanyaan mengenai alasan dari pendakian Gunung Merapi yang dibatasi hanya sampai Pasar Bubrah, pihak Balai Taman Nasional Gunung Merapi (BTNGM) melalui akun Instagram resminya @btngunungmerapi, memberikan penjelasan terkait hal tersebut.
Dalam unggahan video yang disertai keterangan milik Iskandar Kamaruddin (@andar_1974) dikatakan bahwa sejak lama, strato volcano Merapi secara teratur selalu mengeluarkan solfatara karena tekanan magma dari perut bumi.
Lebih lanjut dijelaskan bahwa Solfatara adalah gas-gas oksida belerang seperti SO2 dan SO3, selain karbon dioksida (CO2) dan uap air (H2O). Solfatara mudah dikenali karena bau busuk, sebagai bau khas dari gas-gas oksida belerang. Dalam konsentrasi tinggi, gas emisi ini berbahaya bagi manusia.
“Itulah salah satu pertimbangan mengapa BPPTKG dan BTNGM membatasi pendakian Merapi hanya sampai ke Pasar Bubrah, tidak ke bibir kawah,” ungkap pihak BTNGM dalam keterangan video yang diposting ulang di akun Instagram resmi @btngunungmerapi, baru-baru ini. 
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Our Member

Advertisement