21 Mar 2018

TNGL Evakuasi Dua Ekor Orangutan

Evakuasi terhadap Orangutan Sumatera (dok. gunungleuser.or.id)
(pendakiceria.com) -- Dua individu orang utan Sumatera berhasil dievakuasi di dua tempat yang berbeda. Keduanya memiliki jenis kelamin betina. Adapun satu individu dengan berat sekitar 40kg dievakuasi tim HOCRU, WCS, Balai Besar TNGL dan Balai Besar KSDA Sumut di Dusun Sumber Waras, Desa Sei Serdang, Kec. Batang Serangan.

Setelah dilakukan pemeriksaan fisik, kondisi orang utan tersebut terbilang cukup baik dan pada hari itu (Senin,5/3) juga orang utan ini dilepas liarkan. Lokasi translokasi diputuskan di wilayah Cinta Raja TN Gunung Leuser.

Sementara itu, satu individu lagi ditemukan pada Selasa (6/3) di Daerah Wisata Batu Rongring, Dusun Penampean, Desa Sei Musam Kec. Batang Serangan. Kondisi orang utan yang ditemui ini terbilang cukup buruk (malnutrisi berat) dan tidak mungkin dilakukan perawatan ditempat. Tim gabungan memutuskan untuk membawa orang utan ke Karantina.

(dok. gunungleuser.or.id)

Tindakan evakuasi dipimpin langsung oleh Palber Turnip, Kepala SPTN Wil V Bahorok. Kegiatan ini juga melibatkan tim HOCRU OIC, BBKSDA Sumut, HPI, Pramuwisata Batu Rongring, WCS dan warga sekitar. Laporan dari masyarakat dan kesigapan tim sangat membantu proses evakuasi salah satu satwa kunci TN Gunung Leuser ini.

"Kami apresiasi kerjasama tim dan masyarakat sehingga tindakan penyelamatan segera dilakukan," ujar Palber Turnip seperti dilansir dari laman resmi Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL).
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Our Member

Advertisement