19 Mar 2018

PSSEJ Terima Elang Ular Bido Dari Masyarakat

Elang Ular Bido yang diserahkan warga ke PSSEJ (dok. halimunsalak.org)

(pendakiceria.com) -- Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) menerima seekor burung Elang Ular Bido (Spilornis cheela). Elang yang telah dipelihara selama delapan bulan ini diserahkan secara sukarela oleh Idin Sumardi, warga Desa Gunung Malang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Tim Pusat Suaka Satwa Elang Jawa (PSSEJ) pun segera melakukan evakuasi dan penjemputan ke Desa Gunung Malang. Ketika evakuasi, satwa yang diberi nama 'Simon' ini dalam keadaan kaki diikat tali tambang.

"Simon ditemukan dengan kondisi sayap kanan patah akibat tertembak senapan angin," ungkap Idin di Bogor, Jawa Barat, baru-baru ini.

Pihak PSSEJ bekerjasama dengan International Animal Rescue (IAR), langsung melakukan perawatan Simon yang ditangani oleh dr. Wendy serta ditempatkan pada kandang isolasi untuk sementara waktu setelah sebelumnya diperiksa fisik dan diambil sampel darahnya.

PSSEJ-Halimun Salak sangat mengapresiasi peran serta masyarakat yang telah membantu upaya konservasi keanekaragam hayati melalui penyerahan satwa liar. "Semoga kedepan, kontribusi para pihak semakin besar untuk bersama-sama menjaga satwa di habitat liarnya," sebut PSSEJ dalam keterangan resminya.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Our Member

Advertisement