4 Mar 2018

Menyedihkan, Puncak Cartenz Dipenuhi Sampah

Sampah berserakan di salah satu spot pendakian menuju ke Puncak Cartenz, Papua (dok. instagram)

(pendakiceria.com) -- Menjaga kelestarian alam merupakan sebuah kewajiban, hal ini dilakukan karena alam memiliki kemampuan untuk memberikan kehidupan bagi penduduk dunia. Terlebih lagi bagi para penggiat atau pendaki gunung yang dikenal sebagai pecinta alam sudah barang tentu mereka harus menjaga dan peduli akan kelestarian alam.

Para pendaki sejatinya adalah mereka yang peduli akan kelestarian alam. Adapun salah satu bentuk kepedulian akan alam adalah tidak membuang sampah sembarang terlebih lagi di gunung. Berbagai himbauan untuk membawa kembali sampah turun mungkin belum semuanya melakukannya.

Hal ini terbukti dari unggahan akun instagram @lorentznationalpark yang mengungkapkan bahwa banyak berserakan sampah di beberapa titik pendakian menuju ke Puncak Cartenz, Papua. Meski terpampang tulisan 'Bawa Turun Kembali Sampahmu, Gunung Bukan Tempat Sampah' tetapi masih ada saja oknum yang tidak peduli dengan membiarkan sampahnya berserakan.

Bahkan akun tersebut pun, mengatakan bahwa mengingat Puncak Carstenz sebagai salah satu destinasi wisata pendakian kelas dunia, permasalahan yang cukup penting untuk bahan evaluasi dan mencari upaya penyelesaiannya adalah sampah pengunjung.

"Hasil pantauan tim terlihat adanya sampah yang berserakan di beberapa titik pendakian, terutama titik-titik strategis lokasi base camp para pendaki. Hal ini dipicu oleh adanya kegiatan pendakian secara ilegal serta rendahnya kesadaran dan kepedulian para pengunjung atau pendaki," ujarnya dalam caption foto di instagram, baru-baru ini.

Lebih lanjut dia mengingatkan, lakukan pendakian gunung dengan bijaksana dan aman, hindari serta kurangi barang bawaan Anda dari bahan yang nantinya berpotensi sebagai sampah.

"Jangan tinggalkan barang bawaan kita sebagai sampah di gunung, karena seyogyanya setiap pendaki gunung adalah pecinta dan pelestari alam, sehingga amat tidak pantas jika seorang  pendaki gunung, apalagi pendaki profesional namun ikut menyumbangkan sampahnya di gunung," tulisnya.

"Jika kita mengaku dan berbangga diri sebagai hikkers yang cinta dan peduli upaya pelestarian alam, maka tentu pasti sepakat bahwa sejatinya Puncak Carstensz pun tidak layak dijadikan tempat sampah," pungkas akun @lorentznationalpark.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Our Member

Advertisement