7 Mar 2018

Menuju Puncak Raung via Sumber Wringin

Puncak Raung dari jalur Sumber Wringin (dok. instagram)

(pendakiceria.com) -- Gunung Raung yang berada tiga wilayah yakni Besuki, Banyuwangi dan Bondowoso, Jawa Timur merupakan salah satu gunung yang memiliki jalur terekstrim. Gunung ini memiliki tiga jalur pendakian yaitu jalur Sumber Wringin, jalur Kalibaru dan jalur Glenmore.

Dari ketiga jalur tersebut, jalur Kalibaru merupakan jalur favorit para pendaki dikarenakan melalui jalur ini, pendaki bisa menggapai yang namanya Puncak Sejati. Sementara kedua jalur lainnya tidak bisa menggapai puncak Sejati.

Nah, kali ini pendakiceria.com akan membagikan pengalaman dari akun instagram @pengelana.waktu yang menjajal trek gunung Raung via Sumber Wringin, Bondowoso. Menurut akun tersebut, jalur Sumber Wringin memiliki 6 pos sebelum menuju ke puncak bayangan.

Adapun estimasi waktunya, dari basecamp menuju ke pos 1 atau pondok motor dengan menggunakan truk atau pikap dapat ditempuh kurang lebih 30-45 menit. Setelah itu, dari pos 1 ke pos 2 (Pondok Sumur) akan ditempuh kurang lebih 4,5 jam.

Sedangkan dari Pos 2 ke Pos 3 (Pondok Tonyok) dapat ditempuh kurang lebih 2,5 jam perjalanan. Lalu, dari Pos 3 ke Pos 4 (Pondok Demit) ditempuh selama 1 jam, dari Pos 4 ke Pos 5 (Pondok Mayit) akan ditempuh selama 1-1,5 jam.

Dari Pos 5 menuju ke Pos 6 (Pondok Angin) cukup ditempuh dengan waktu perjalanan selama 30 menit dan dari Pos 6 inilah akan melanjutkan ke Puncak Raung atau Puncak Bayangan.

Akun @pengelana.waktu memberikan catatan, bahwa ada baiknya menggunakan truk atau pikap untuk menuju ke Pos 1, dikarenakan jalan yang sangat rusak maka sepeda motor hanya bisa dititipkan di basecamp.

Sementara untuk tempat mendirikan tenda atau nge-camp berada di Pos V dikarenakan lebar dari Pos ini diperkirakan bisa menampung 7-9 tenda.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Our Member

Advertisement