12 Mar 2018

Menapaki Kaki di Gunung Dempo

Gunung Dempo (dok. instagram)
(pendakiceria.com) -- Gunung Dempo yang terletak di provinsi Sumatera Selatan merupakan gunung berapi yang memiliki ketinggian 3.159 mdpl. Gunung yang sering disebut sebagai 'teras Sumatera' ini memiliki dua puncak yakni Top Dempo dan Puncak Merapi dimana kawah gunung ini bisa dijumpai.

Seperti dilansir dari akun instagram @ulyaranidewi, gunung Dempo mempunyai dua jalur pendakian yaitu jalur resmi Kampung IV dan jalur Rimau. Adapun jalur Rimau merupakan jalur yang lebih sering digunakan untuk jalur evakuasi karena jarak yang lebih pendek tetapi memiliki medan yang lebih sulit daripada jalur Kampung IV.

Vegetasi dari gunung ini adalah hutan hujan tropis dengan hutan yang basah dan lembab karena jarangnya sinar matahari yang masuk ke vegetasi ini. Kontur jalan di gunung ini kebanyakan adalah lumpur jadi bagi kalian yang ingin menjelajah ke gunung ini harus siap-siap berkotor-kotoran.

Sementara untuk waktu tempuh, gunung ini bisa ditempuh dengan 7-9 jam perjalanan menuju ke Top Dempo melalui jalur Kampung IV. Untuk membuat camp atau mendirikan tenda, pendaki diharuskan turun dari Top Dempo karena di Pelataran inilah pendaki baru bisa mendirikan tenda.

Tidak memerlukan waktu yang lama untuk turun dari Top Dempo ke Pelataran dengan estimasi waktu 15-25 menit. Setelah membuat camp, pendaki akan disuguhkan dengan pemandangan jalur menuju ke Puncak Merapi Dempo. Untuk menuju ke Puncak Merapi Dempo, dibutuhkan waktu perjalanan 30-60 menit dari Pelataran.

Di Pelataran ini, kalian akan menemui sumber air yang dinamakan Telaga Putri. Jika musim hujan, di kanal-kanal Pelataran, biasanya akan banyak air tergenang dan bisa dimanfaatkan sebagai air minum.

Disarankan, bagi kalian yang ingin mendaki ke gunung Dempo, ada baiknya melakukan perjalanan dari Kampung IV mulai dari jam 8-9 pagi. Hal ini dilakukan karena perjalanan yang jauh dan medan yang tidak mudah. Selain itu, untuk menghindari malam di jalur.

Di gunung ini terdapat 2 shelter atau pos yang bisa dijadikan sebagai tempat camp sementara yaitu shelter 1 dan 2. Untuk sumber airnya, terdapat di shelter 1, 2 dan Pelataran.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Our Member

Advertisement