9 Mar 2018

Menapaki Gunung Leuser via Kedah

Jalur gunung Leuser (pendakiceria.com/Satriman)
(pendakiceria.com) -- Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) yang terletak di dua provinsi yakni Aceh dan Sumatera Utara ini merupakan gunung dengan jalur terpanjang. Gunung yang memiliki ketinggian 3.381 mdpl ini memiliki karakteristik yang sangat unik.

Di TNGL ini terdapat 4 jalur pendakian untuk menuju ke puncak Leuser, yaitu jalur Kedah, Agusan, Meukek dan Khansa. Adapun jalur Kedah adalah jalur yang direkomendasikan. Sementara jalur Agusan terbilang lebih panjang dan lebih lama, sedangkan Jalur Meukek sangat curam yang memerlukan peralatan khusus.

Letak jalur Kedah berada di Desa Penosan Sepakat, Kec Blangjerango, Kab Gayo Lues. Jalur ini memiliki jarak tempuh kurang lebih 51 kilometer dari Kantor Resort Kedah (basecamp) sampai dengan Puncak Gunung Leuser. Di jalur Kedah ini kurang lebih 47 kilometer di dalamnya merupakan hutan primer yang dapat ditempuh sekira 7-8 hari perjalanan.

Di sepanjang jalur ini sangat jarang sekali ditemui aktifitas pendaki. Jalur ini pun disebut sebagai jalur satwa liar yang terdapat di TNGL seperti harimau, kambing hutan, rusa, kijang dan lain sebagainya.

Seperti dikutip dari akun instagram @rifkymaulanaaaa, bahwa saat ini frekuensi pendakian Gunung Leuser masih sangat rendah. Hal ini disebabkan informasi yang sangat minim dan masih kurangnya promosi.

"Kebanyakan hasil browsing internet masih menampilkan informasi-informasi lama yang terkadang malah menyesatkan bagi calon pendaki. Untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke Gunung Leuser, Balai Besar TNGL bekerjasama dengan masyarakat Kedah, khususnya pelaku jasa pemanduan Gunung Leuser untuk meningkatkan pelayanan dan membenahi manajemen pendakian Gunung Leuser," jelas dia dalam caption fotonya di instagram, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut dia mengatakan, untuk itu Balai Besar TNGL menginisiasi pembentukan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Leuser Mentalu pada tahun 2011 yang menjadi embrio dalam kerjasama dalam pengamanan hutan dan pengembangan Wisata Alam Pendakian Gunung Leuser. "Tahun 2013 telah dibangun Kantor Resort Kedah yang difungsikan sebagai tempat perijinan pendakian," sebut dia.

Dia pun merinci waktu yang ditempuh untuk melakukan pendakian gunung Leuser via Kedah ini sebagai berikut:

Hari Ke 1 : Kedah - Simpang Air (+ 5,5 Km)
Hari Ke 2 : Simpang Air - Puncak Angkasan (+ 4,5 Km)
Hari Ke 3 : Puncak Angkasan - Lintasan Badak (+ 5,5 Km)
Hari Ke 4 : Lintasan Badak - Blang Beke/Padang Rumput (+ 7 Km)
Hari Ke 5 : Blang Beke/Padang Rumput - Kolam Badak (+ 6 Km)
Hari Ke 6 : Kolam Badak - Bipak Kaleng (+ 8 Km)
Hari Ke 7 : Bipak Kaleng - Lapangan Bola (+ 8.5 Km)
Hari Ke 8 : Lapangan Bola - Puncak Leuser (+ 6 Km)
Hari Ke 9-13 : Lapangan Bola - Kedah (+ 51 Km)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Our Member

Advertisement