18 Mar 2018

Ini Trik Saat Melakukan Trekking

Ilustrasi ketika beristirahat saat trekking (dok. pendakiceria.com/DenChito)

(pendakiceria.com) -- Mendaki gunung merupakan salah satu kegiatan yang menantang sekaligus menyenangkan. Kegiatan ini pun dianggap sebagai salah satu bentuk olahraga dikarenakan jarak tempuh yang dilalui para pendaki terbilang jauh dan menguras tenaga.

Nah, bagi kalian yang baru akan melakukan pendakian ke gunung, ada baiknya mempersiapkan segalanya dengan baik. Kesiapan fisik dan mental sangatlah diperlukan dikala melakukan pendakian. Memikul beban bawaan yang berat terkadang dibutuhkan tenaga dan teknik melakukannya

Berikut ini pendakiceria.com rangkum dari beberapa sumber mengenai trik dalam melakukan perjalanan mendaki gunung agar tidak terlalu menguras tenaga.

1. Lakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan atau trekking.
2. Untuk beradaptasi di awal perjalanan, ada baiknya melakukan jalan secara lambat atau perlahan serta dilakukan secara stabil di satu jam pertama perjalanan. Hal ini dilakukan untuk melakukan adaptasi terhadap situasi alam di ketinggian.
3. Jangan terburu-buru ketika melakukan pendakian. Hal ini dilakukan agar kondisi fisik tidak cepat drop ketika di awal perjalanan.
4. Berjalanlah secara konstan dan stabil, tak harus cepat tetapi juga tak harus lambat karena perjalanan yang ditempuh membutuhkan waktu lama.
5. Beristirahatlah ketika mulai merasa lelah. Dengan catatan, ketika beristirahat di tengah perjalanan, maksimal 2-5 menit agar suhu tubuh tidak drop karena terpapar udara dingin dan minum air mineral secukupnya. Usahakan beristirahat di pos pendakian, jika memang harus beristirahat di tengah jalur, agar istirahat kalian tidak mengganggu pendaki lain yang akan melintas.
6. Meminum air mineral secukupnya ketika dalam perjalanan, jika kebanyakan minum tubuh akan menjadi lemas dan kenyang yang membuat kondisi badan tidak enak.
7. Lakukan pengaturan langkah dan nafas dengan baik.
8. Jangan membuang sampah sembarang ketika di perjalanan ataupun saat ngecamp, biasakan masukkan kekantong celana atau trash bag yang akan dibawa turun kembali sampahnya.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Our Member

Advertisement