17 Mar 2018

Ini Penampakan Burung Merak Hijau di Argopuro

Penampakan burung Merak Hijau di Cikasur, Gunung Argopuro (dok.Instagram)
(pendakiceria.com) -- Burung Merak Hijau atau bahasa latinnya pavo muticus merupakan salah satu burung endemik khas pulau jawa yang saat ini status keberadaannya terancam punah. Adapun penyebab merosotnya populasi burung Merak Hijau ini terutama disebabkan oleh penangkapan yang dilakukan masyarakat maupun penyusutan atau konversi lahan dan rusaknya habitat.

Kendati demikian, burung Merak Hijau ini masih dapat ditemui di alam bebas khususnya di Gunung Argopuro. Mesti tergolong jarang akan tetapi spesies burung cantik ini masih bisa kalian temui di Cikasur tapi jika kalian beruntung ya.

Seperti halnya pemilik akun instagram @ahmdmaruf yang berhasil menjumpai burung merak hijau ini di kawasan Gunung Argopuro. "Alhamdulillah kami diberikan kesempatan untuk bisa melihat dan mengabadikan momen tersebut saat berada di cikasur (Gunung Argopuro)," ujarnya dalam keterangan foto.

Lebih lanjut dia mengungkapkan bahwa Gunung Argopuro yang berada di kawasan pegunungan Hyang memang banyak menyuguhkan keindahan, selain terkenal dengan jalur pendakian terpanjang se-Pulau Jawa yaitu sekitar 41 km, Gunung Argopuro juga merupakan salah satu gunung dengan rantai makanan yang ekosistemnya masih terbilang lengkap.

"Tidak hanya burung merak hijau, kita juga masih dapat melihat elang jawa, lutung jawa, musang, ayam hutan, dan lain-lain, apabila beruntung kita dapat melihat macan kumbang. Mari jaga dan lindungi hutan kita agar keberlangsungan ekosistem yang ada dapat terjaga, karena sejatinya alam raya ini bukan warisan nenek moyang melainkan titipan anak cucu kita! (self reminder)," sambung dia.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Our Member

Advertisement