11 Mar 2018

Cerita Dibalik Ranu Kumbolo

(dok. pendakiceria.com/DenChito)
(pendakiceria.com) -- Gunung Semeru merupakan salah satu destinasi favorit para pendaki. Sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa, gunung Semeru memiliki pesona yang luar biasa bagi para pendaki. Di gunung ini pun terdapat beberapa danau yang menarik, antara lain Ranu Pani, Ranu Regulo, Ranu Tompe, Ranu Darungan, Ranu Kuning dan Ranu Kumbolo.

Dari keenam danau tersebut, danau Ranu Kumbolo merupakan salah satu yang terkenal. Danau ini dapat ditempuh dengan estimasi waktu 4-5 jam perjalanan dengan jarak tempuh kurang lebih 9,7 kilometer dari titik awal pendakian yakni Desa Ranu Pani. Danau yang memiliki luas area 15 hektare ini sering dianggap sebagai destinasi 'Surga Tersembunyi' di kawasan Gunung Semeru.

Air di danau ini dipercaya oleh umat Hindu sebagai air suci, bahkan di waktu tertentu para umat Hindu dari Bali, beberapa daerah di Indonesia maupun dari desa Tengger datang hanya untuk mengambil air di Ranu Kumbolo ini sebagai air suci.

Di danau ini pun sangat dilarang untuk dilakukan aktifitas seperti berenang, berendam, cuci muka, gosok gigi atau mencuci alat masak di dekat kawasan danau dikarenakan selain air di danau ini dianggap suci, air danau ini juga merupakan sumber mata air terbesar di Gunung Semeru bagi para pendaki.

dok. pendakiceria.com/DenChito


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Our Member

Advertisement