14 Mar 2018

Begini Kondisi Jalan Pintu Masuk Semeru via Lumajang

Pintu masuk melalui kota Lumajang, Jawa Timur (dok. instagram)
(pendakiceria.com) -- Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) secara administratif terbagi dalam 4 kabupaten yaitu Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Malang. Adapun untuk pintu masuknya memiliki ciri khas masing-masing di setiap wilayah.

Untuk menuju ke Gunung Bromo, pintu utama terletak di wilayah kabupaten Probolinggo, sedangkan untuk pintu utama pendakian Semeru melalui jalur dari Malang, khusus untuk pendakian Semeru ada satu akses untuk menuju pos perijinan pendaki yaitu Desa Ranupani yang biasa dilalui oleh pendaki dari wilayah timur yaitu Jember, Situbondo, Bondowoso, dan Banyuwangi yaitu melalui wilayah Lumajang.

Informasi yang diberikan oleh akun instagram @cakyo_saversemeru, menyebutkan bahwa untuk melalui akses tersebut (melalui Lumajang) sekarang sudah mulus dengan kontur jalan beraspal sampai desa Ranupani.

"Sepanjang jalur dari Senduro Lumajang kita akan melewati hutan tropis yang kurang lebih 25 km. Memang akses transportasi masih sulit. Nilai lebihnya kita bisa melihat dan bisa menikmati hutan tropis yang masih utuh," ujarnya dalam keterangan foto di instagram.

Kondisi jalan via kota Lumajang, Jawa Timur (dok.instagram)

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa bagi pengunjung yang suka berpetualang dan suka hunting foto satwa, akan sangat menarik untuk mencoba akses pintu masuk sisi timur ini.

"Bahkan di desa Senduro ada satu Pura yaitu Pura Mandara Giri Semeru Agung. Pura tersebut ada kaitannya dengan gunung Semeru dari sejarah Hindu yang seringkali umat Hindu dari seluruh Indonesia beribadah di Pura tersebut," jelasnya.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Our Member

Advertisement