15 Feb 2018

Rumor Makam di Gunung Sumbing, Ini Jawabannya

Petilasan yang menyerupai makam di gunung Sumbing (foto: @anggarawepe)
(pendakiceria.com) -- Bagi kalian yang pernah sampai ke puncak gunung Sumbing, kemungkinan besar dari ketinggian pasti bakal melihat sebuah nisan seperti makam di samping kawah aktif. Namun ternyata, benda yang berbentuk nisan tersebut, bukanlah nisan atau kuburan atau makam seperti yang dirumorkan di kalangan pendaki, melainkan petilasan.

Hal ini diungkapkan oleh salah satu akun instagram @anggarawepe yang menyebutkan bahwa petilasan yang berbentuk seperti nisan itu merupakan petilasan dari Ki Ageng Makukuhan atau Sunan Kedu yang merupakan murid Sunan Kudus yang menyebarkan Islam di kawasan Kedu (Temanggung dan sekitarnya).

"Bahkan setiap tanggal 21 Ramadhan, atau biasa orang sebut selikuran, banyak masyarakat di sekitar gunung Sumbing melakukan ziarah ke petilasan ini," sebut dia dalam caption fotonya.

Kalian akan dengan mudah menemukan petilasan ini jika mendaki dari Jalur Banaran, maka petilasan ini bakal dijumpai di tengah perjalanan. Sementara jika dari jalur lain seperti Garung dan Kaliangkrik, maka untuk mengunjungi petilasan ini harus turun dari puncak menuju kawasan kawah.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Our Member

Advertisement