17 Feb 2018

Kamera Penjebak TNBTS Berhasil Rekam Penampakan Macan Tutul

foto penampakan macan tutul di kawasan TNBTS yang didapat dari kamera penjebak (dok. jatimtimes.com)
(pendakiceria.com) -- Pihak Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) mengumumkan bahwa kamera penjebak (Trap Camera) yang dipasang di sekitar Kali Cilik kawasan TNBTS berhasil merekam keberadaan macan tutul yang populasinya diperkirakan sudah langka.

Adapun kamera penjebak tersebut merekam penampakan dari seekor macan tutul dewasa yang berukuran besar. Kendati demikian, pihak TNBTS belum memperoleh secara detail mengenai jenis kelamin dari macan tutul tersebut.

"Kami memasang enam kamera di Blok Kali Cilik. Dengan keberhasilan ini kami akan menambah sebanyak 15 kamera lagi, dengan area yang lebih luas di sekitar Blok Kali Cilik. Kawasan ini juga bukan merupakan rute yang biasa dilalui oleh para pendaki Gunung Semeru," kata Budi PLH Kepala TNBTS Wilayah 2 seperti dilansir dari jatimtimes.com, baru-baru ini.

foto penampakan macan tutul di kawasan TNBTS (dok. jatimtimes.com)

Pihak TNBTS menyebutkan bahwa deteksi melalui kamera mengenai keberadaan macan tutul ini merupakan kali keduanya, setelah sebelumnya keberadaan macan tutul terdeteksi pada 2016 lalu. Dengan perekaman sampai dua kali ini, maka bisa dipastikan populasi macan tutul di kawasan TNBTS masih ada.

Selain melakukan perekaman mengenai binatang yang merupakan hewan dilindungi ini, pihak TNBTS juga menemukan tulang belulang hewan yang diperkirakan berasal dari hewan yang dimangsa macan tutul.

Sebagai informasi, macan tutul merupakan salah satu hewan yang dilindungi dan dilarang untuk diperjual belikan sejak 2017. Bahkan, International Union For Consevation and Nature memasukan macan tutul dalam daftar merah yang keberadaan sangat dilindungi.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Our Member

Advertisement