25 Feb 2018

Ini Sumber Air Panas di Gunung Rinjani

Sumber air panas di Gunung Rinjani, Lombok (foto: pendakiceria.com/DenChito)

(pendakiceria.com) -- Gunung Rinjani yang berada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) merupakan salah satu destinasi yang memiliki beragam pesona alam memukau. Di gunung yang memiliki ketinggian 3.726 mdpl ini menyimpan banyak keindahan alam.

Salah satu keindahan alam yang dapat ditemui di gunung Rinjani ini adalah sumber air panas. Sumber air panas yang berada di sekitaran danau Segara Anakan ini dikenal dengan nama Aik Kalak.

Nama Aik Kalak yang berarti air mendidih adalah sumber air panas yang dipercaya oleh masyarakat sekitar sebagai tempat pemandian dari Jayengrana. Jayengrana sendiri merupakan tokoh utama dari pewayangan yang populer dikenal dikalangan Gumi Sasak.

Sumber air panas ini sendiri memiliki dua tempat, yang pertama di dekat danau Segara Anakan dan yang kedua berbentuk seperti air terjun, lokasinya tidak terlalu jauh dari sumber air panas yang pertama.

Kendati memiliki kedalaman yang cukup dalam, tetapi pengunjung tidak disarankan untuk berenang dan loncat dari atas air terjun karena berbahaya. Dan sudah ada korban meninggal di sumber air panas tersebut, beberapa waktu lalu.



Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Our Member

Advertisement