6 Feb 2018

Ini 5 Lagu Indonesia Bertema Lingkungan Hidup

Ilustrasi (Foto: dok. Greenpeace.org)
(pendakiceria.com) -- Musik merupakan sarana untuk mencurahkan isi hati, dan pikiran. Tak hanya itu, musik juga terkadang dibuat untuk memberikan kritik sosial bahkan dijadikan instrumen atau alat untuk menyampaikan rasa cinta dan kepedulian antar sesama manusia dan dunia. Kepedulian terhadap lingkungan pun menjadi inspirasi dalam penciptaan sebuah lagu.

Berikut ini lima lagu yang mengambil tema lingkungan hidup yang dipadu padankan dengan melodi-melodi indah yang membuat pendengarnya merasakan apa yang dirasakan oleh pencipta lagunya namun juga bisa membuat pendengar untuk tergerak peduli.

1. Ritta Rubby Hartland - Kepada Alam dan Pencintanya

Lagu lawas ini yang disebut menjadi mars para pecinta alam ini menceritakan tentang pendaki gunung. Dalam lagu itu menyebutkan bahwa pendaki gunung sejatinya adalah yang mampu menghargai alam, selain itu lagu ini juga menyebutkan banyak menemui pendaki yang belum mengerti mengenai makna mendaki gunung sesungguhnya.

2. Naif - Dia adalah Pusaka Sejuta Umat Manusia yang Ada di Seluruh Dunia

"Manusia berkembang menurut perkembangan jaman yang ada. Tengoklah kiri dan kanan sudah banyak gedung yang tinggi menjulang. Pohon-pohon yang dulu hijau kini telah berubah menjadi batu. Kurasa manusia kini tak pernah peduli lagi dengan alamnya," sebut Naif dalam salah satu lirik lagunya.

Lagu besutan grup band yang beranggotakan lima orang ini mengangkat tema realita keadaan bumi. Mengusung genre Pop, Naif membalut lagu itu menjadi enak didengar.

3. /rif – Pelangiku Sirna

Lagu karya grup band bergenre Rock ini dalam liriknya menyindir orang-orang durjana dan tamak yang tidak lagi memperhatikan bumi. Bahkan lirik lagu ini seakan menceritakan tentang apa yang akan dialami oleh anak cucu kita di masa yang akan datang.

"Sini nak kukisahkan o tentang hutan. Yang kini semua hanyalah tinggal cerita. Diperkosa para durjana. Melahirkan malapetaka," ujar /rif dalam salah satu liriknya.

4. Jamaica Cafe – Hijaukan Bumiku

Lagu yang terdapat di album 'Twenty One' ini mengusung tema mengenai lingkungan, dimana lirik lagu yang terlihat sederhana dengan balutan accapela ini mengajak pendengarnya untuk mencintai bumi.
akapela yang penuh semangat.

5. Semenjana - Kalimatera

Lagu besutan grup band pendatang baru ini menceritakan mengenai kerusakan hutan di Indonesia dan mengajak pendengarnya untuk peduli flora dan fauna. Dengan lirik sederhana dengan balutan melodi yang enak didengar, grup band beranggotakan 4 orang ini bahkan mengangkat tema judul lagu tersebut untuk judul album pertamanya.
Share:

1 komentar:

Our Member

Advertisement