18 Jan 2018

Rinjani Siap Berlakukan Sistem Pendaftaran Online

Puncak Gunung Rinjani (Foto Dok. pendakiceria.com)
(pendakiceria.com) -- Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) mengumumkan akan melakukan terobosan sistem pemesanan tiket pendakian melalui e-Rinjani yang akan diberlakukan pada musim pendakian 2018. Hal ini dikemukakan Kepala TNGR Agus Budi Santosa seperti dilansir dari Republika.co.id

Kepala TNGR Agus Budi Santosa, mengatakan bahwa sosialisasi e-Rinjani sudah dilakukan bersama sejumlah pemangku kebijakan saat rapat koordinasi penutupan jalur pendakian di Senaru dan Sembalun pada 28 dan 29 Desember 2017 lalu. Pada kesempatan itu, hadir dari para pelaku usaha jasa wisata, aparat desa, dinas pariwisata, polisi, koramil, dan masyarakat umum.

"Para pelaku usaha jasa wisata menyambut baik sistem ticketing pendakian secara online dengan semangat no cash dan zaman now dimana semua ticketing dapat dikerjakan lewat tangan," ujarnya di Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Dia menambahkan bahwa melalui e-Rinjani perjalanan pendakian akan lebih tertata dan database pendakian dapat secara langsung termonitor.

Menurut dia, fitur e-Rinjani mengikuti e-commerce pada umumnya dan berupa e-ticket dengan pembayaran menggunakan metode transfer, e-money, mesin EDC, maupun loket PPOB yang merupakan kerja sama pihak ketiga dengan desa di pintu pendakian. "E-money yang akan diberlakukan merupakan konversi ID card berisi data pelaku usaha, baik trek organizer, guide, dan porter yang digabungkan dengan rekening virtual," terang dia.

"Rencana penerapan e-Rinjani di musim pendakian 2018 akan ditunggu pelaku jasa wisata karena adanya transparansi dana tiket dan manajemen pengunjung yang lebih baik dengan adanya fitur reschedule dan sistem kuota," kata Agus.

Seperti diketahui, Gunung Rinjani yang memiliki ketinggian 3.726 mdpl mempunyai empat jalur resmi pendakian antara lain Sembalun dan Timbanuh, Kabupaten Lombok Timur serta Senaru, Kabupaten Lombok Utara, dan Aikberik, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah.

Saat ini jalur pendakian Gunung Rinjani di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) ditutup sejak 1 Januari hingga 31 Maret 2018. Jalur pendakian akan kembali dibuka pada 1 April mendatang.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Our Member

Advertisement