27 Jan 2018

Pedagang di Rinjani Akan Direlokasi


Suasana Camp Area Pelawangan Sembalun di Gunung Rinjani (Foto: dok. pendakiceria.com)
(pendakiceria.com) -- Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) berencana akan merelokasi para pedagang yang berjualan di dalam kawasan taman nasional sebagai salah satu upaya pengembangan destinasi wisata Otak Kokok Joben, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Hal ini dikatakan Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) R Agus Budi Santosa di Mataram, Kamis (25/1/2018). Menurutnya, pihaknya sudah melakukan sosialisasi mengenai rencana relokasi pedagang di dalam kawasan yang dikelola PT Joben Evergreen.

"Kami sudah mengadakan pertemuan membahas masalah tersebut dengan pemerintah daerah dan aparat keamanan serta tokoh masyarakat di Otak Kokok Joben," kata dia seperti dikutip dari Antara.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa kegiatan pertemuan tersebut merupakan upaya fasilitasi dan mediasi antara pemegang Izin Usaha Pengelolaan Sarana Wisata Alam (IUPSWA) PT Joben Evergreen dengan para pedagang untuk memperoleh kesepakatan terkait relokasi ke zona pemanfaatan Resort Joben SPW yang berada di kaki Rinjani.

Dia menuturkan, sosialisasi tersebut dilanjutkan dengan forum diskusi yang menghasilkan beberapa kesimpulan. Di antaranya adalah perlunya koordinasi serta kerja sama dalam pengembangan destinasi wisata dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, Otak Kokok Joben sebagai salah satu destinasi wisata unggulan daerah perlu ditata agar tidak terkesan kumuh dan jorok karena persoalan sampah. "Dalam pertemuan kemarin, salah satu tokoh masyarakat menyatakan dengan adanya aktivitas dagang di areal wisata membuat sawah dipenuhi oleh sampah," ujar Agus.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Our Member

Advertisement