29 Jan 2018

Ini Cara Hadapi Rasa Dingin di Gunung

Ilustrasi Kemping (dok. pendakiceria.com)
(pendakiceria.com) -- Melakukan aktivitas di luar ruang, khususnya di gunung memang diharuskan untuk beradaptasi dengan lingkungan terutama cuacanya. Cuaca di gunung relatif sangat dingin bahkan ada beberapa gunung di Indonesia cuacanya terbilang ekstrim dan bisa mencapai minus derajat Celcius.

Nah, bagi kalian yang ingin mencoba berpetualang di gunung, ada baiknya mempersiapkan segala hal untuk menghadapi cuaca dingin di gunung agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Berikut ini tips untuk menghadapi dan menghilangkan rasa dingin di gunung yang dirangkum oleh tim pendakiceria.com.

1. Gunakan pakaian kering dan tebal seperti jaket, celana panjang, kaos kaki, pelindung kepala/kupluk atau topi dan sarung tangan

2. Buatlah minuman hangat. Hindari mengkonsumsi alkohol yang dapat berakibat fatal. Alkohol yang terkandung di dalam minuman keras dapat melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah dapat menjadi lebih lancar sehingga menimbulkan rasa hangat, namun alkohol juga dapat menghilangkan kesadaran. Kehilangan kesadaran saat berada di gunung lebih berbahaya daripada kondisi dingin di gunung.

3. Makan yang mengandung protein dan karbohidrat seperti nasi, ayam, telor, kentang, mie dan lain sebagainya, jenis makanan tersebut dapat memberikan rasa hangat dan kondisi badan tetap terjaga di suhu dingin.

4. Buatlah perapian untuk menghangatkan tubuh dari suhu dingin di gunung, selain dengan api unggun, kalian juga bisa menggunakan kompor portable untuk menghangatkan badan sembari memasak makanan. Oya jika kalian membuat api unggun, biasakan selalu mematikannya jika sudah selesai dan bersihkan kembali bekas bakaran api unggunnya agar tidak mengotori lingkungan sekitar.

5. Gunakan Sleeping Bag (SB) saat tidur. Disarankan menggunakan SB yang berbahan polar serta untuk lebih mendapatkan kehangatan, tidurlah dengan cara berdempetan dengan teman satu tenda, namun dengan catatan, khusus untuk sesama jenis, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Our Member

Advertisement