16 Jan 2018

Cara Hindari Serangan Babi Hutan

Babi hutan (Foto: IG @fadliskrif)
(pendakiceria.com) -- Berkegiatan di alam bebas, seringkali kita menjumpai beberapa hewan liar yang menghuni di sekitaran tempat kita melakukan aktifitas luar ruang. Salah satunya adalah babi hutan yang banyak dijumpai di gunung-gunung di Indonesia.

Tak sedikit kejadian penyerangan oleh babi hutan yang berujung dengan rusaknya logistik pendakian, tenda dan alat-alat pendakian lainnya. Nah, untuk menghindari kejadian penyerangan babi hutan saat sedang kemping di alam bebas, berikut ini beberapa tips untuk mencegahnya yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Jangan ada sampah berserakan di sekitar tenda

Sampah berserakan di area tenda akan memancing babi hutan untuk mencari sisa-sisa makanan ketika malam hari, karena biasanya babi hutan berkeliaran ketika malam hari. Maka ada baiknya ketika ingin tidur, bersihkan area sekitar tenda dari sampah bekas makanan dan simpan didalam kantong sampah.

2. Nyalakan lampu tenda ketika tidur

Hal ini dinilai mampu menghindari babi hutan untuk datang ke area tempat kita kemping dikarenakan babi hutan biasanya takut terhadap cahaya. Jika kalian tidak terbiasa tidur dengan lampu menyalakan, usahakan di area luar tenda ditaruh lampu tenda agar tetap ada pencahayaan di area tenda kalian.

3. Simpan dan bersihkan peralatan makan dan masak

Biasakan selalu untuk membersihkan alat masak dan makan kalian ketika sudah menggunakannya. Karena jika tidak, bau-bau bekas makanan yang menempel di alat makan dan masak akan memancing kedatangan babi hutan. Jangan lupa juga simpan alat makan dan masak tersebut ke dalam tenda, atau jika tidak memungkinkan, cukup tutup alat makan dan masak dengan menggunakan kantong sampah.

4. Cari lokasi mendirikan tenda yang aman

Lokasi mendirikan tenda yang aman adalah dimana tenda tidak terdapat di jalur melintas dari babi hutan tersebut, biasanya kawanan babi hutan sering meninggalkan jejak kaki setelah melintas. Perhatikan jejak-jejak tersebut agar kalian terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Meski demikian, selalu utamakan untuk menjaga kelestarian alam dengan tidak membuang sampah sembarangan, dan membawa kembali sampah kalian turun. Karena bagaimanapun juga, babi hutan merupakan tuan rumah karena habibat mereka memang ada di alam bebas.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Our Member

Advertisement