30 Nov 2017

Pendakian Gunung Gede Pangrango Ditutup Sementara Karena Cuaca Ekstrem

(surat edaran penutupan Gunung Gede-Pangrango/dok. TNGP)

(pendakiceria.com) -- Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP) mengumumkan penutupan untuk aktivitas pendakian hingga batas waktu yang tidak bisa ditentukan. Hal ini dikarenakan kondisi cuaca esktrem di kawasan TNGGP.

Penutupan sementara pendakian ini dilakukan melalui surat edaran nomor 1578/BBTNGGP/KABIDTEK/Tek.P2/11/2017 tertanggal 30 November 2017 yang ditandatangani Plt. Kepala Balai Besar TNGGP, Herry Subagiadi. Adapun salinan surat edaran tersebut telah disebar melalui website resmi Balai Besar TNGGP dan media sosial.

Saat dikonfirmasi mengenai penutupan TNGGP, Kepala Balai Besar TNGGP Herry Subagiadi mengatakan bahwa kondisi cuaca ekstrem di kawasan Taman Nasional yang berpotensi menyebabkan angin kencang dan hujan lebat bisa mengakibatkan pohon tumbang.

Kondisi tersebut, kata Herry, dapat membahayakan pendaki. Oleh karena itu, Balai Besar TNGGP mengeluarkan surat edaran untuk menutup sementara aktivitas pendakian. "Pertimbangannya, pendakian di tengah cuaca ekstrem tidak memungkinkan dan membahayakan keselamatan," ujar dia.

"Penutupan pendakian dilakukan hingga cuaca buruk di TNGGP berangsur normal. Pembukaan kembali  pendakian akan disampaikan melalui surat pemberitahuan," terang dia,

Lebih lanjut Herry menambahkan, bahwa dari laporan yang diterimanya saat ini di lapangan sudah tidak ada pendaki yang berada di kawasan TNGGP. Dia mengatakan, bagi pendaki yang sudah membayar tiket diarahkan untuk menghubungi bagian pelayanan pengunjung Balai Besar TNGGP.

"Para calon pendaki dapat mengambil uang pembayaran tiketnya secara penuh. Pilihan lainnya mereka dapat menggeser waktu pendakian," ungkapnya.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Our Member

Advertisement