5 Jul 2017

Libur Lebaran, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Diserbu Pengunjung

(IG: @okidimasnuansa)
(pendakiceria.com) -- Musim libur lebaran rupanya tidak hanya dimanfaatkan masyarakat Indonesia untuk bersilahturahmi bersama keluarga, tetapi juga dilakoni untuk berlibur ke tempat wisata tak terkecuali wisata ke gunung.

Hal ini terlihat dari lonjakan jumlah pengunjung yang datang ke salah satu dari 10 destinasi wisata prioritas nasional ini yakni Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Dilansir dari laman bromotenggersemeru.org, jumlah pengunjung di Kawasan TNBTS yang memiliki tiga destinasi wisata populer yaitu Gn. Bromo, Pananjakan dan Gn. Semeru mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Bahkan pihak TNBTS mencatat sebanyak 43.385 wisatawan nusantara dan 448 wisatawan mancanegara mengunjungi kawasan TNBTS melalui empat pintu masuk yaitu Coban Trisula, Kab. Malang, Tengger Laut Pasir/Ngadisari, Kab. Probolinggo, Wonokitri/Pananjakan, Kab. Pasuruan dan Ranupani, Kab. Lumajang.

Menghadapi lonjakan pengunjung, pihak TNBTS pun melakukan upaya pelayanan pengunjung serta pemantauan dan pengamanan terhadap kawasan yang dilakukan oleh petugas Balai Besar TNBTS bersama-sama dengan Muspika dan masyarakat sekitar.

Pengamanan di pintu masuk Kabupaten Malang pun disebut dilakukan di kantor Resort Pengelolaan Taman Nasional (RPTN) Coban Trisula dan pos Jemplang yang merupakan persimpangan menuju Bromo dan Semeru.

Selain pelayanan ticketing, pemberian informasi dan himbauan secara langsung maupun dengan spanduk dan banner pun dilakukan untuk mengantisipasi kecelakaan kendaraan di jalur Trisula - Jemplang juga dilakukan secara adat Tengger dengan membuat tempat sesaji (padmasari).

Adapun kerjasama yang baik petugas BBTNBTS dengan para pihak dan masyarakat dalam pengamanan kawasan dan pelayanan pengunjung selama libur lebaran 2017 diklaim berbuah amannya kawasan TNBTS dari gangguan serta lancarnya pelayanan terhadap pengunjung.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Our Member

Advertisement