1 Mei 2017

Hemat Baterai Ponsel Ketika Liburan, Ini Caranya

Ilustrasi penggunaan ponsel (Foto:pendakiceria.com/DenChito)

(pendakiceria.com) -- Liburan merupakan waktu yang sangat ditunggu bagi kita semua, dan momen liburan pun tak lepas dari dunia digital salah satunya ponsel. Terkadang dalam perjalanan liburan, ponsel menjadi hal wajib bagi beberapa traveler, selain untuk bereksis ria di media sosial, ponsel pun dapat digunakan untuk mengabadikan momen.

Nah, demi menjaga kenyamanan saat liburan dengan menggunakan ponsel khususnya baterai yang kadang cepat habis atau lowbat, pendakiceria.com mencoba merangkum dari berbagai sumber cara menghemat baterai ketika liburan agar menjadi lebih irit pemakaiannya.

Berikut ini berbagai cara untuk Anda bisa menghembat baterai ponsel pintar saat berliburan keluar kota.

1. Bawa Power Bank (Penyimpan Daya)

Siapkan charger portabel atau power bank untuk mengisi baterai ponsel Anda disaat tidak ada sumber daya. Selain itu, pilihan lainnya adalah membawa charger ponsel khusus untuk di mobil, jadi ketika Anda berada di mobil sewaan ataupun bus, Anda bisa mengisi baterai.

2. Matikan fitur sinyal 4G ketika berada di pelosok

Hal ini penting dilakukan agar ponsel Anda mengirit daya, pasalnya sinyal 4G memberikan koneksi yang lebih cepat tetapi mengonsumsi baterai yang lebih banyak. Dan kebanyakan di daerah pelosok sinyal 4G belum terakses, hal ini akan berakibat ponsel Anda akan berusaha untuk mencari sinyal yang dapat berakibat baterai terkuras. Ada baiknya ketika berada di pelosok, Anda menggunakan sinyal 3G, EDGE atau bahkan GPRS saja.

3. Jangan gunakan ponsel untuk bermain game

Dengan menggunakan ponsel Anda untuk bermain game, artinya ponsel Anda akan bekerja dengan berat menggunakan mesin dan layarnya, hal ini berakibat baterai ponsel akan lebih cepat terkuras. Ada baiknya ketika merasa bosan, Anda cukup dengan mendengarkan musik (menggunakan headset) karena lebih hemat daya, karena memutar musik di ponsel merupakan kegiatan yang tidak terlalu menguras daya baterai.

4. Turunkan kecerahan cahaya layar ponsel

Tingkat kecerahan layar yang tinggi sangat berpotensi dalam hal menguras baterai, jadi lebih baik turunkan tingkat kecerahan lampu layar seminimal mungkin. Meskipun akan sedikit sulit melihat layar akan tetapi baterai ponsel Anda akan jauh lebih hemat.

5. Aktifkan fitur penghemat baterai

Beberapa ponsel pintar telah dibekali dengan fitur penghemat baterai yang dikenal dengan nama fitur Power Saver. Jika fitur ini diaktifkan, maka ponsel Anda bisa secara otomatis akan mematikan beberapa fitur ketika baterai sudah mulai lowbat yang bertujuan agar sisa kapasitas baterai yang ada akan bertahan lebih lama.

6. Matikan ponsel Anda ketika tidak dibutuhkan

Bila perjalanan Anda cukup panjang dan sekiranya Anda akan tertidur, ada baiknya matikan ponsel Anda.



Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Our Member

Advertisement