26 Feb 2017

Empat Gunung ini Jadi Favorit Pendaki

Gunung Rinjani (pendakiceria.com/Den Chito)
(pendakiceria.com) -- Pesona wisata alam gunung di Indonesia saat ini memang sedang berkembang dan banyak peminatnya. Tak hanya kaum muda, kaum tua pun ikut meramaikan destinasi wisata yang menguras tenaga ini, karena mengharuskan wisatawan untuk berjalan kaki cukup jauh untuk bisa menikmati keindahannya yaitu di puncak gunung.

Dari sekian banyak gunung di Indonesia, baik yang aktif maupun tidak aktif, ada beberapa yang menjadi favorit wisatawan yang biasa disebut pendaki. Nah, berikut ini empat destinasi gunung yang menjadi favorit para pendaki baik lokal maupun dari mancanegara versi pendakiceria.com yang dikutip dari beberapa sumber.

1. Gunung Prau
Destinasi ini terletak di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah. Ketinggian gunung ini 2.565 mdpl. Puncak gunung ini merupakan padang rumput yang luas dan terkenal dengan keindahan matahari terbitnya atau biasa disebut golden sunrise.

Untuk bisa mencapai puncak, gunung ini memiliki tiga jalur pendakian yakni Jalur Patak Banteng, Pranten dan Kenjuran. Akan tetapi jalur Patak Banteng merupakan jalur yang paling sering dilalui karena terbilang cukup dekat dan tidak terlalu ekstrim jalurnya.

Pemandangan dari Puncak Gunung Prau (pendakiceria.com)
2. Gunung Semeru
Gunung yang terdapat di dua wilayah yakni Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang ini merupakan gunung berapi tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian mencapai 3.676 mdpl dan tertinggi ketiga setelah Gunung Kerinci dan Gunung Rinjani.

Destinasi Gunung Semeru merupakan favorit dikarenakan gunung ini memiliki keindahan berupa Danau Ranu Kumbolo dan puncaknya yang masih sering menyemburkan gas beracun dari kawah Jonggring Saloka. Namun tidak dianjurkan untuk mendaki sampai puncak dikarenakan demi menjaga keselamatan.

Danau Ranu Kumbolo (pendakiceria.com)
3. Gunung Rinjani
Destinasi ini terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat yang merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Gunung ini memiliki tiga jalur pendakian yakni Sembalun, Senaru dan Torean. Namun untuk jalur terakhir, pihak Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) tidak menganjurkan untuk para pendaki melaluinya dikarenakan jalur tersebut sering terjadi longsor.

Gunung ini memiliki pesona alam yang luar biasa mulai dari Danau Segara Anakan, tempat pemandian air panas dan juga goa-goa yang terdapat tidak jauh dari danau. Gunung yang memiliki tinggi mencapai 3.726 mdpl ini tak hanya disukai oleh para pendaki lokal, akan tetapi pendaki dari mancanegara pun banyak berkunjung ke tempat ini.

Danau Segara Anakan (pendakiceria.com)
4. Gunung Merbabu
Gunung ini memiliki ketinggian 3.145 mdpl yang terletak di Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Semarang. Destinasi ini memiliki lima jalur pendakian yakni Jalur Selo, Wekas, Cuntel, Thekelan dan Suwanting. Namun dari kelima jalur tersebut jalur Selo merupakan jalur yang paling ramai dilalui.

Gunung ini menawarkan keindahan di sepanjang jalur pendakian yang sangat panjang. Selain itu, gunung ini memiliki tiga puncak yaitu Puncak Trianggulasi, Puncak Kentengsongo dan Puncak Syarif.

Sabana 2 Gunung Merbabu (IG: @irul_amali)

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Our Member

Advertisement