16 Jan 2017

Cara Untuk Merawat Tenda Dome

(pendakiceria.com/Rangga)
(pendakiceria.com) -- Dalam sebuah aktivitas pendakian, alat-alat gunung yang digunakan mesti terus dirawat agar bertahan lama dan bisa terus digunakan untuk pendakian selanjutnya. Nah ... salah satu alat gunung yang penting untuk dirawat yaitu tenda dome.

Tenda merupakan salah satu pilar penting dalam sebuah pendakian, pasalnya tenda merupakan tempat kita untuk beristirahat di sela perjalanan mendaki gunung. Berikut ini pendakiceria.com rangkum beberapa tips dalam merawat tenda dome.


  1. Pastikan untuk selalu membersihkan tenda dome ketika sudah dipakai dari kotoran atau noda-noda yang melekat 
  2. Jika dirasa tidak terlalu kotor, gunakan spons basah dan sabun untuk membersihkannya.
  3. Jangan membersihkan tenda dome Anda dengan mesin cuci atau pengering karena selain kurang maksimal dalam membersihkannya juga kurang baik untuk tenda itu sendiri.
  4. Jangan atau hindari menyimpan atau membiarkan tenda dome dalam keadaan basah.
  5. Selalu bersihkan stick atau tiang tenda dome setelah digunakan, terutama setelah digunakan dalam cuaca hujan. Pastikan terjaga dari karat karena dapat mengurangi kelenturan stick.
  6. Periksa fungsi ritsleting agar dapat berfungi dengan baik. Gunakan silikon kecil pada gerigi retsleting dengan cara menyemprotnya sedikit demi sedikit agar ritsleting berjalan dengan lancar.
  7. Simpan tenda dome Anda di tempat yang kering dan sejuk. Hindari menyimpannya di tempat yang panas karena itu dapat merusak lapisan tenda dome Anda.
  8. Biasakan sesekali mendirikan tenda meskipun tidak akan digunakan. Hal ini berfungsi untuk  pengeringan maksimal pada tenda dome Anda.
  9. Jangan gunakan tenda dome anda untuk alas atau duduki tenda dome Anda saat sudah di packing, agar kondisi frame atau tiang tenda tidak bengkok.
(pendakiceria.com)
Adapun teknik untuk mencuci tenda dome ini yaitu dengan mendirikan tenda sebelum melakukan pencucian, bersihkan terlebih dahulu bagian alas tenda yang dalam, pastikan tidak ada kotoran tanah, plastik ataupun lainnya.

Selanjutnya, siram tenda dengan air mengalir (kekuatan air kecil) siram secara perlahan bagian luar tenda. Lalu usapkan bagian luar tenda dengan menggunakan kain halus atau spon dan jangan disikat.

Gunakan shampo (untuk rambut) dan jangan gunakan deterjen ataupun sabun colek. Setelah bagian luar sudah dibersihkan maka segeralah mencuci bagian dalam. Pada bagian alas tenda, diperbolehkan di sikat menggunakan deterjen karena biasanya pada bagian ini tenda berbahan dari terpal.

Namun apabila tenda Anda bukan dari bahan terpal, ada baiknya tidak menggunakan deterjen, cukup dengan menggunakan shampo atau sabun yang tidak mengandung deterjen.

Setelah selesai membersihkan tenda, keringkan tenda dengan cara menggunakan kain kering atau kanebo atau handuk untuk mengurangi air selanjutnya angin-anginkan tenda, jangan dijemur dibawah terik matahari langsung.

Oyaa jangan lupa, bersihkan juga frame tenda dari kotoran yang melekat, agar frame tidak berkarat dan mengurangi kelenturan frame.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Our Member

Advertisement