20 Nov 2016

Masih Mau Bilang Pendaki itu Gembel? Ini Kisaran Harga Alat Gunungnya

(pendakiceria.com/ Nur Cholish)

(pendakiceria.com) -- Pendaki gunung sering diidentikkan oleh orang itu 'Dekil' dan 'Gembel'. Ya... bisa saja benar, karena kebanyakan dari mereka memang terkadang terlihat seperti itu karena memang di gunung itu tidak mandi selama berhari-hari, jadi wajar saja jika mereka terlihat kotor, kumel dan lain-lain.

Tapi tahukah kamu, kalau pendaki itu adalah seorang yang kaya alias tajir. Buktinya saja mereka bisa membeli tiket akomodasi yang kadang harganya selangit bahkan alat-alat gunung yang digunakan para pendaki pun terbilang 'bermerek' dan harganya ada yang selangit.

Berikut ini daftar alat-alat gunung yang biasa dibawa atau digunakan pendaki beserta dengan kisaran harganya.

1. Carrier

Ya... ini merupakan alat wajib yang biasa digunakan para pendaki untuk membawa perlengkapan dan juga logistik untuk pendakian. Bayangkan saja, harga carrier ini bisa mencapai puluhan juta untuk merek luar yang memang sudah teruji ketangguhannya. Namun untuk range harga carrier yang biasa atau levelnya tidak 'dewa' itu berkisar di angka Rp500 ribu - Rp2jutaan.

2. Jaket Waterproof, wind breaker, polar

Untuk perlengkapan ini pastinya semua pendaki harus membawanya, pasalnya di ketinggian cuacanya memang dingin, bahkan bisa mencapai minus 0 derajat ketika suhu ekstrim. Untuk harga perlengkapan ini berkisar di angka Rp350 ribu -Rp1jutaan.

3. Matras dan Sleeping Bag

Alat ini memang tak terlalu menonjol tapi kegunaannya sangat dibutuhkan ketika melakukan pendakian. Untuk matras memang tidak terlalu mahal sekitar Rp50 ribuan, sementara untuk Sleeping Bag (SB) harganya bisa berkisar di angka Rp300 - Rp800 ribu.

4. Celana Dry Fit

Celana ini dibutuhkan seorang pendaki, karena bersifat mudah kering. Kisaran harga celana ini adalah Rp300 ribuan.

5. Glove, Tracking Pole, Gaiter

Untuk glove atau sarung tangan, dibutuhkan untuk menghangatkan tangan ketika dingin mulai menyerang di saat ngecamp atau menuju puncak. Harga alat ini bervariasi tergantung merek tetapi di angka kisaran Rp150 ribuan atau bahkan lebih. Sementara tracking pole dan gaiter memang tak semua pendaki akan membelinya, untuk alat ini kisaran harganya Rp150 ribuan untuk tracking pole dan Rp100 - 250 ribu.

6. Sepatu

Harga sepatu untuk pendakian memang bervariasi, tergantung kelasnya. Ada pula jenis KW (abal-abal) tetapi meski KW harga sepatu ini cukup menguras dompet, dengan kisaran harga Rp500 ribu - 2 jutaan.

Nah, itu beberapa alat-alat gunung yang biasanya dimiliki oleh pendaki. Itu belum semua peralatan dan keperluannya loh. Masih ada lagi seperti kamera DSLR, Action Cam, iPhone, headlamp, kacamata hitam, tenda, nesting, kompor GPS, logistik dan lain-lainnya.

Jadi masih mau bilang pendaki itu Gembel? coba jumlah kisaran harga yang pendakiceria.com rangkum dari berbagai sumber tersebut.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Our Member

Advertisement