11 Nov 2016

Ini Tarif Baru Jasa Porter Di Semeru


(Foto: IST)
(pendakiceria.com) -- Tingginya animo masyarakat terhadap wisata gunung, rupanya membawa keberkahan tersendiri untuk masyarakat sekitar. Seperti halnya yang terjadi di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), ratusan orang selalu memadati kawasan ini khususnya Gunung Semeru. Peluang usaha pun baik barang atau jasa mulai menjamur di kawasan ini, bahkan di Gunung Semeru pun sampai wilayah Kalimati sudah ada yang menjajakan makanan dan minuman.

Tak hanya itu, jasa porter pun di kawasan Gunung Semeru saat ini sangatlah banyak karena semakin hari, jumlah wisatawan baik dari dalam ataupun luar negeri mulai meramaikan kawasan ini. Menanggapi hal itu, Paguyuban Pemandu dan Porter Semeru Mandiri (PPPSM) memberlakukan standar tarif untuk jasa porter per tanggal 30 Juli 2016 kemarin.

Adapun harga itu disepakati bersama agar tidak ada perbedaan harga dan persaingan yang bisa merugikan masyarakat sekitar ataupun para pendaki. Berikut ini daftar harga jasa porter untuk kawasan Semeru seperti dilansir di daring TNBTS:

Porter                                             : Rp200.000 per hari
Lokal Guide                                     : Rp250.000 per hari
Guide Foreign/Asing                       : Rp300.000 per hari
Drop Barang ke Ranu Kumbolo      : Rp200.000
Drop Barang ke Kalimati                : Rp300.000

Seperti diinformasikan di daring TNBTS, bahwa harga jasa porter diluar kesepakatan dan ketentuan tersebut di luar tanggung jawab PPPSM.

Sebagai informasi, jika Anda berminat untuk melakukan pendakian ke Gunung Semeru, ada baiknya Anda menyiapkan persyaratan administrasi (fotocopy KTP, materai dan surat keterangan sehat dari dokter), jaga serta persiapkan fisik dan mental sebelum mendaki.
Share:

1 komentar:

  1. Kalau tarif guide pendakian semeru berapa sekarang / hari

    BalasHapus

Our Member

Advertisement