19 Okt 2016

5 Tips Sebelum Liburan Ke Gunung

Sunrise at Mt. Prau (dok. @pendakiceria)
(pendakiceria.com) -- Punya rencana liburan ke gunung dalam waktu dekat atau Anda sedang menabung untuk liburan ke gunung bareng teman-teman ceria? Nah, jika iya, kamu perlu tahu beberapa hal yang harus disiapkan ketika akan pergi berlibur.

Persiapan itu kamu butuhkan agar kamu selalu nyaman dan tidak kerepotan saat sedang menikmati perjalanan. Berbeda tempat, tentu berbeda pula persiapan yang harus kamu lakukan, apalagi kamu akan berlibur ke gunung yang berbeda dengan tempat liburan lainnya.

Nah, berikut ini beberapa tips sebelum kamu melakukan liburan ke gunung...... simak ya...

Tujuan atau Rencana Perjalanan

Ya... ini sangat penting, karena jalan-jalan ke gunung, kamu tidak bisa tiba-tiba berangkat tanpa ada perencanaan yang matang. Hal pertama yang harus kamu tentukan adalah kapan perginya dan pastikan kamu juga mengajak teman kamu yang sudah tahu gunung tersebut minimal teman kamu sudah biasa atau pengalaman berlibur ke gunung. Selain itu, rencanakan juga akomodasi yang akan kamu gunakan dan pesan jauh-jauh hari biar kamu tidak kesusahan saat sudah berada di lokasi dan terhindar dari harga yang mahal atau minta referensi kepada teman yang biasa atau pernah ke lokasi.

Bawa Uang Tunai

Kalo kamu jalan-jalan ke gunung, lebih baik kamu banyak-banyak membawa uang tunai, pasalnya tidak akan ada mesin ATM di sana. Dan juga sekarang ini banyak pedagang makanan dan minuman di sekitaran lokasi wisata gunung loh.

Siapkan Fisik

Liburan ke gunung itu berbeda dengan liburan-liburan lainnya, kesiapan fisik kamu sangatlah penting karena cuaca di gunung yang dingin serta jalanan atau treking yang selalu menanjak yang akan buat kamu kelelahan. So, makanya sebelum bepergian ke gunung ada baiknya kamu mempersiapkan fisik kamu dengan berolahraga ringan rutin seperti lari pagi atau sore yaaa...

Bawa Perlengkapan Pribadi

Perlengkapan pribadi ini sangat wajib kamu bawa kemanapun ketika liburan, apalagi ke gunung. Berikut ini beberapa perlengkapan pribadi yang harus kamu bawa seperti, baju tebal dan hangat yakni jaket/sweater, syal untuk melindungi leher kamu dari terpaan cuaca dingin, sarung tangan, kaos kaki, kantung tidur atau sleeping bag, kupluk (penutup kepala) untuk melindungi telinga kamu biar tidak kedinginan dan baju ganti, biar baju kamu tidak terlihat itu-itu aja atau bahkan temen kamu tidak kebauan juga karena baju kamu tidak ganti-ganti.

Selain itu, biasakan menggunakan sepatu, bagusnya sepatu gunung, kenapa harus menggunakan sepatu??? karena mencegah kaki kamu terluka atau terkilir ketika menapaki jalan yang menanjak. 

Bawa juga obat-obatan pribadi yaa.. Jangan lupa juga membawa logistik seperti makanan dan minuman yang disesuaikan dengan estimasi berapa lama kamu akan berlibur di gunung.

Dan tak kalah pentingnya adalah membawa kamera untuk mengabadikan momen-momen yang pasti akan kamu rindukan nantinya dan juga buat pamer ke teman-teman kamu melalui sosmed.

Izin Orang Tua atau Keluarga

Ini tak kalah penting dengan yang diatas loh. Dengan izin orang tua atau keluarga, jadi mereka tahu kamu bepergian kemana dan juga jalan berlibur akan lebih tenang jika kamu sudah izin dengan orang tua atau keluarga atau orang terdekat dengan kamu.

Oyaa..... doa dan jaga tingkah laku juga penting ketika kamu berlibur ke gunung. Ada satu lagi nih, tetap selalu jaga kelestarian alam, jangan pernah merusak karena akan menghancurkan ekosistem yang ada.

Ingat selalu semboyan, "Jangan mengambil apapun selain gambar, jangan meninggalkan apapun selain jejak, jangan membunuh apapun selain waktu."

Demikian beberapa tips berlibur ke gunung, semoga bermanfaat buat para sobat ceria dan bisa membuat liburan ke gunungnya lebih asik, seru dan ceria... #salamlestari
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Our Member

Advertisement